-->

Akidah Akhlak : Sikap Kreatif

 SIKAP KREATIF

Hasil gambar untuk sifat kreatif

  1. Makna kreatif
    Menurut kamus besar indonesia, kreatif diartikan: "memiliki daya cipta atau memiliki kemampuan untuk menciptakan". Menurut munandar, utami (1999) kreatif adalah menemukan, menggabungkan, membangun, mengarang, mendesain, merancang, mengubah ataupun menambah.
    Dalam perspektif islam, kreatif dapat diartikan sebagai kesadaran keimanan seseorang, untuk menggunakan keseluruhan daya dan kemampuan diri yang dimiliki sebagai wujud syukur akan nikmat Allah, guna menghasilkan sesuatu yang terbaik dan bermanfat bagi kehidupan sebagai wujud pengabdian yang tulus kehadirat Allah AWT.
    Firman Allah:

    Artinya:
    Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.(Q.S. Ali 'imran [3];102)
  2. Emosi Manusia yang kreatif
    1. manusia kreatif secara emosional memiliki hasrat yang kuat untuk mengubah hal-hal yng ada disekelilingnya menjadi lebih baik.
    2. memiliki kepekaan, bersifat terbuka dan tanggap terhadap segala hal.
    3. memiliki minat yang tinggi
    4. memiliki rasa ingin tahu yang menggelora dan tidak pernah berhenti untuk mempertanyakan segala hal yang dilihat dan didengarnya.
    5. mendalm dan konsentrasi dalam berfikir.
    6. memiliki girah dan optimisme untuk menjalani kehidupan dan menghadapi semua tantangan yang menghadang.
    7. bersifat menghargai sebagai wujud kesadaran diri sebagai manusia ciptaan tuhan.
    8. tidak mudah puas dengan kebrhasilan yang dicapainya.
  3. Intelektual manusia kreatif
    1. memiliki kemampuan berpikir lancar, orang kreatif lebih banyak mengajukan pertanyaan dan jawaban dan gagasan solutif dalam berbagai keadaan.
    2. berfikir luwes.
    3. berfikir orisisnil.
    4. memiliki ketelitian dalam mengevluasi.
    5. kritis dan imajinatif.
    6. mendeteksi dan memferivikasi,
    7. analistis dan sintesi.


    SIKAP DINAMIS
  4. Pengertian Dinamis
    Dinamisme merupakan kemampuan melihat sisi terang kehidupan dan memelihara sikap positif, sekalipun berada dalam kesulitan. Dinamisme adalh pendekatan yang positif terhadp kehidupan sehari-hari untuk mencapi kberhsilan yang berguna bagi kehidupan.
    Dalam firman Allah:
    Dan Ya'qub berkata: "Hai anak-anakku janganlah kamu (bersama-sama) masuk dari satu pintu gerbang, dan masuklah dari pintu-pintu gerbang yang berlain-lain; namun demikian Aku tiada dapat melepaskan kamu barang sedikitpun dari pada (takdir) Allah. Keputusan menetapkan (sesuatu) hanyalah hak Allah; kepada-Nya-lah Aku bertawakkal dan hendaklah kepada-Nya saja orang-orang yang bertawakkal berserah diri".(Q.S. yusuf [12]: 67)
  5. Ciri-ciri sikap dinamis
    1. wajar dan realistis
    2. yakin pengorbanan dan Amal shaleh

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Akidah Akhlak : Sikap Kreatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel